Rabu, 25 Agustus 2010

PILKADA

PILIHLAH BUPATI YANG BERKARAKTERISTIK PEMIMPIN
Oleh: SYUKRON MA’MUN


Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kabupaten Indramayu sudah diambang pintu, tinggal menghitung hari dan jam, calon Bupati pun sudah siap dengan politik merangkul masanya masing-masing. Tetapi apakah dari 6 (enam) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) itu sudah memenuhi perasyarat hakikat seorang pemimpin atau hanya mirip-mirip pemimpin kemudian dipaksakan. Mari kita analisa bersama
George R.Terry dalam bukunya “Principles of Management”, (1964) yang dikutip oleh Kartini Kartono (1998) menuliskan sepuluh sifat pemimpin yang unggul, yaitu:
Kekuatan; Kekuatan badaniah dan rohaniah merupakan syarat pokok bagi pemimpin yang harus bekerja lama serta tidak teratur, dan di tengah situasi-situasi yang sering tidak menentu. Stabilitas Emosi, Pemimpin yang baik itu memiliki emosi yang stabil artinya dia tidak mudah marah, tersinggung perasaan, dan tidak meledak-ledak secara emosional ia menghormati martabat orang lain toleran terhadap kelemahan orang lain dan bisa memaafkan kesalahan-kesalahan yang tidak terlalu prinsipil semua itu di arahkan untuk mencapai lingkungan social yang rukun damai,harmonis dan menyenangkan. Pengetahuan Tentang Relasi Insani; Salah satu tugas pemimpin ialah memajukan dan mengembangkan semua bakat dan potensi anak buah, untuk bisa bersama-sama maju dan mengecap kesejahteraan karena itu pemimpin di harapkan memiliki pengetahuan sifat, watak dan prilaku anggota kelompoknya agar ia bisa menilai kelebihan dan kelemahan serta keterbatasan pengikutnya,yang di sesuaikan dengan tugas-tugas atau pekerjaan yang akan di berikan pada masing-masing individu. Kejujuran; Pemimpin yang baik itu harus memiliki kejujuran yang tinggi yaitu jujur pada diri sendiri pada orang lain (terutama bawahannya) dia selalu menepati janji, tidak “selingkuh” atau munafik, dapat di percaya,dan berlaku adil terhdap semua orang. Obyektif; Pertimbangan pemimpin itu harus berdasarkan hati nurani yang bersih, supaya obyektif (tidak subyektif, berdasarkan prasangka sendiri) dia akan mencari bukti-bukti nyata dan sebab-musabab setiap kejadian dan memberikan alasan yang rasional atas penolakannya.
Diantara karakter berikutnya adalah Dorongan Pribadi dari hatinya, karena keinginan dan kesediaan untuk menjadi pemimpin itu harus muncul dari dalam hati sanubari sendiri dukungan dari luar akan memperkuat hasrat sendiri untuk memberikan pelayanan dan pengabdian diri pada kepentingan orang banyak. Keterampilan Berkomunikasi; Pemimpin di harapkan mahir menulis dan berbicara mudah menangkap maksud orang lain cepat menangkap esensi pernyataan orang luar, mudah memahami makasud para anggotanya.juga pandai mengkoordinasikan macam-macam tenaga manusia,dan mahir mengintegrasikan berbagi opini serta aliran yang berbeda-beda untuk mencapai kerukunan dan keseimbangan. Keterampilan Sosial; Pemimpin juga di harapkan mempunyai kemampuan untuk “mengelola” manusia, agar mereka dapat mengembangkan bakat dan potensinya.pemimpin dapat mengenali segi-segi kelemahan dan kekuatan setiap anggotany, agar bisa di tempatkan pada tugas-tugasyang cocok dengan pembawaan masing-masing.
Kemampuan Mengajar; Pemimpin yang baik itu di harapkan juga menjadi guru yang baik, mengajar itu membawa siswa (orang yang belajar) secara sistematis dan intensional. Yang di tuju adalah agar para pengikutnya bisa mandiri,mau memberikan loyalitas dan partisipasinya. Kecakapan teknis atau kecakapan manajerial kepemimpinan; Pemimpin harus superior dalam satu atau beberapa kemahiran teknis tertentu, juga memiliki kemampuan manajerial untuk membuat rencana, mengola, menganalisa keadaan, membuat keputusan, mengarahkan, mengontrol dan memperbaiki situasi yang tidak mapan.
Kalo kita analisa lebih dalam dari sifat-sifat pemimpin diatas lebih dominan dimiliki sosok sederhana yang mempunyai jiwa kharismatik serta kebanyakan terlahir dari golongan masyarakat desa. Nampaknya kita sudah dapat membuktikan hal ini pada pemimpin Negara kita Republik Indonesia. Sudah beberapa kali presiden kita, Republik Indonesia sejak kemerdekaannya 1945 sampai 2010 ini di pimpin oleh orang desa dengan silih berganti, dan bukan di pimpin oleh orang Jakarta yang konon Kota Metropolitan.
Untuk PILKADA Indramayu besok 18 Agustus 2010 semoga terpilih calon pemimpin yang mempunyai karakteristik diatas. Dan kepada masyarakat yang memilih bisa menilai calon Bupati yang baik untuk pembangunan Indramayu kedepan, karena Indramayu saat ini membutuhkan perubahan dan kemajuan yang pasti. Yaitu perubahan luar dalam (Suprastruktur dan Infrastruktur), bukan perubahan semu yang hanya muncul sesaat.

0 komentar: